Rabu, 07 Mei 2008

NI Vision Development Suite

National Instruments Vision Development Module (www.ni.com/vision/vdm.htm) adalah tools yang sangat luar biasa untuk pengembangan aplikasi Machine Vision. Ini adalah sebuah development module yang sangat lengkap dengan berbagai library yang bisa di-porting ke VB.Net, Labview dan CVI/Labwindows dan C/C++, modul ini juga memiliki prototyping tool yang disebut Vision Assistant, dengan tool ini, kita dapat dengan mudah membuat prototype program machine vision dan mengganti-ganti image processing algorithm atau filter yang digunakan. Kalau kita mendevelop aplikasi computer vision sederhana menggunakan Matlab dengan Image Processing toolbox atau OpenCV, akan memakan waktu berjam-jam, dengan Vision Assistant hanya memakan waktu kurang dari satu jam.

Program ini mengakuisisi data, baik live image dari Frame board maupun static image, kemudian kita konversi ke 8 bit image atau binary. Dari situ kita bisa melakukan manipulasi image dengan mengganti-ganti filter untuk memperhalus image, merubah kontras, brighness, mendeteksi edge, segmentasi, transformasi ke domain frekuensi dan lain-lain . Selanjutnya setelah feature dari image kita dapatkan, kita bisa melakukan measurement, pattern classification/object detection dan blob/particle analysis.

Setelah puas dengan prototype program yang kita buat, kita bisa memporting prototype program ke Visual Basic, Labview, atau Labwindows/CVI untuk dimanipulasi lebih jauh atau digabung dengan library lain.

Sangat praktis.

View Adhiguna Mahendra,Ph.D's profile on LinkedIn

1 komentar:

Anonim mengatakan...

tramadol online tramadol high booze - tramadol dose pediatric