Rabu, 01 Oktober 2008

Berkunjung ke pameran Virtual Reality terbesar di Eropa

Dalam suatu kesempatan, saya beruntung mendapat tugas kantor untuk hadir di acara tahunan yang sangat terkenal bagi yang berkecimpung di dunia computer graphics, computer vision dan computer games yaitu Laval Virtual 2008



Perancis adalah salah satu negara yang sangat maju dalam bidang computer graphics, computer vision, Virtual Reality dan Augmented Reality. Tiap tahun di negara ini diselenggarakan eksibisi dalam bidang Virtual Reality dan Augmented reality yang tempatnya di Laval, Perancis.

Peserta dalam eksibisi ini datang dari berbagai negara di dunia, mulai dari US sampai Jepang. Eksibisi yang ditampilkan adalah produk-produk terbaru dan hasil riset mutakhir dari berbagai lembaga riset dan Universitas di dunia dalam bidang Virtual Reality dan Augmented reality.

Selain itu, dalam eksibisi ini, turut dipresentasikan juga berbagai paper ilmiah yang membahas penemuan/algoritma terbaru.


Ini adalah kota Laval yang indah, dengan sungai yang membelah kota.







Bis ini ditempeli dengan advertisement Laval Virtual.




Ini adalah gedung tempat eksibisi diselenggarakan, terlihat bendera negara-negara yang mengirimkan delegasinya, kapan ya Indonesia ?







Simulator mobil yang isinya adalah jalan-jalan di Paris, data aktual dari google map. Kita bisa merasakan bagaimana menyetir di Paris.



Simulator sepeda ini baik sekali untuk kesehatan, anda bermain game sebagai seorang pebalap sepeda sekaligus berolahraga.





Sistem virtual reality untuk dokter gigi.



Table Top technology ini sudah dikembangkan oleh Microsoft, tapi Perancis juga sudah bisa bikin dengan harga jauh lebih murah. Sebuah perusahaan Spin Off yang dimulai dari riset di Universitas Bordeaux (Immersion SAS )bisa membuat system augmented reality advanced dengan harga murah.




Sistem Virtual reality untuk desain produk




CAVE system untuk immersive Virtual Reality









Antycip, perusahaan ini mengkhususkan diri dalam membuat VR untuk kendaraan apa saja di environment apa saja.


















View Adhiguna Mahendra,Ph.D's profile on LinkedIn

1 komentar:

Anonim mengatakan...

selamat sore,
boleh minta informasi ttg scholarship yg di LN. thanks for the sharing.
mentengcity@yahoo.co.uk